Konsep STP yang merupakan singkatan dari Segmenting,
Targeting, and Positioning merupakan konsep yang mendasari pemasaran
suatu produk, terutama produk yang baru akan dipasarkan. Konsep ini merupakan
tiga langkah yang dilakukan oleh seorang pemasar untuk mencapai tujuan di
bidang pemasaran.
a. Segmentasi
Segmentasi didefinisi sebagai
suatu kegiatan membagi-bagi pasar menjadi beberapa segmen yang memiliki
karakteristik yang relatif homogen (Kotler dan Keller, 2006).
Pembagian dilakukan beberapa
variabel seperti variabel geografis, variabel demografis, variabel psikografis,
dan variabel keperilakuan.
Berdasarkan konsep diatas, dapat ditarik kesimpulan
bahwa segmen dapat dijabarkan menjadi konsumen baik pria atau wanita, konsumen
pada usia anak-anak, remaja, atau dewasa, yang berpenghasilan tinggi atau kelas
menengah ke bawah, konsumen yang suka mencari
suasana baru dan suka berkumpul bersama teman-teman nya, saudara, dan
lain-lain. Atau konsumen yang suka suasana berbeda yang mencari
kenyamanan saat melepas penat aktivitas kerjanya sehari - hari. Segmen yang
ingin diincar khususnya adalah kalangan mahasiswa, eksekutif muda, dan
para penikmat kuliner.
b. Targeting
Langkah kedua dalam strategi STP
adalah targeting, yaitu memilih segmen pasar untuk dilayani (Kasali,1998).
Pasar yang menguntungkan bagi
Burger Tempe,Daging,Ayam adalah mahasiswa dan para eksekutif muda
khususnya mahasiswa dan eksekutif muda yang padat akan tugas-tugas nya dan
ingin bersantai sambil mencari suasana baru. Target pasar yang dapat dilayani
oleh produk ini adalah kalangan anak-anak sampai dewasa baik laki-laki atau
perempuan yang ingin Menikmati
makanan.
c. Positioning
Langkah ketiga dalam strategi STP
adalah positioning, yaitu menempatkan produk dalam benak konsumen
agar produk yang ditawarkan dipersepsi berbeda dengan produk pesaing (Kasali,
1998). Berdasarkan karakteristik produk yang akan ditawarkan, maka positioning yang
dapat dilakukan adalah dengan memberikan kenyamanan suatu tempat untuk berkumpul yang menyediakan berbagai
makanan sehat dan minuman, bagi para pengunjung yang hanya ingin
bersantai.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar