Segmenting, Targeting, Positioning

Konsep STP yang merupakan singkatan dari Segmenting, Targeting, and Positioning merupakan konsep yang mendasari pemasaran suatu produk, terutama produk yang baru akan dipasarkan. Konsep ini merupakan tiga langkah yang dilakukan oleh seorang pemasar untuk mencapai tujuan di bidang pemasaran.

a.    Segmentasi
Segmentasi didefinisi sebagai suatu kegiatan membagi-bagi pasar menjadi beberapa segmen yang memiliki karakteristik yang relatif homogen (Kotler dan Keller, 2006).
Pembagian dilakukan beberapa variabel seperti variabel geografis, variabel demografis, variabel psikografis, dan variabel keperilakuan.
Berdasarkan konsep diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa segmen dapat dijabarkan menjadi konsumen baik pria atau wanita, konsumen pada usia anak-anak, remaja, atau dewasa, yang berpenghasilan tinggi atau kelas menengah ke bawah, konsumen yang suka mencari suasana baru dan suka berkumpul bersama teman-teman nya, saudara, dan lain-lain. Atau konsumen yang suka suasana berbeda yang mencari kenyamanan saat melepas penat aktivitas kerjanya sehari - hari. Segmen yang ingin diincar khususnya adalah kalangan mahasiswa, eksekutif muda, dan para penikmat kuliner.

b.        Targeting
Langkah kedua dalam strategi STP adalah targeting, yaitu memilih segmen pasar untuk dilayani (Kasali,1998). Pasar yang menguntungkan bagi  Burger Tempe,Daging,Ayam adalah mahasiswa dan para eksekutif muda khususnya mahasiswa dan eksekutif muda yang padat akan tugas-tugas nya dan ingin bersantai sambil mencari suasana baru. Target pasar yang dapat dilayani oleh produk ini adalah kalangan anak-anak sampai dewasa baik laki-laki atau perempuan yang ingin Menikmati makanan.

c.       Positioning

Langkah ketiga dalam strategi STP adalah positioning, yaitu menempatkan produk dalam benak konsumen agar produk yang ditawarkan dipersepsi berbeda dengan produk pesaing (Kasali, 1998).  Berdasarkan karakteristik produk yang akan ditawarkan, maka positioning yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kenyamanan suatu tempat untuk berkumpul yang menyediakan berbagai makanan sehat dan minuman, bagi para pengunjung yang hanya ingin bersantai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar